Home » , , , , , » Warga SP 7 Dapat Pengobatan Massal

Warga SP 7 Dapat Pengobatan Massal

Written By Unknown on Senin, 27 Mei 2013 | 04.28


Kadistrik Iwaka, Samuel Yogi. Foto: SAPA/Mujiono
SAPA (TIMIKA) - Dalam rangka Hari Bakti HUT Kodam XVII Cenderawasih, Kodim 1710 Mimika menggelar kegiatan pengobatan massal. Pelaksanaan kegiatan di fokuskan di Balai Kampung Mulia Kencana (SP7), Distrik Iwaka, Selasa (30/4) yang diikuti oleh masyarakat SP 7 dan sekitarnya. Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Dwi Lagan Safrudin, melalui Kasdim 1710 Mimika Mayor Inf Agustinus Nunu yang ditemui Salam Papua di sela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan pengobatan massal yang dilaksanakan di SP7, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kodam XVII Cenderawasih. Dimana ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, seperti yang sudah dilakukan diantaranya, karya bhakti yang difokuskan di Kampung Wangirja (SP9), dan sekarang ini dilaksanakan pengobatan massal di SP7. Namun masih ada kegiatan lainnya, yang masih dalam rangkaian memperingati HUT Kodam yaitu donor darah. “Kegiatan yang dilaksanakan ini, merupakan kegiatan dalam rangka perayaan HUT Kodam XVII Cenderawasih,” terangnya.

Lanjutnya, pelaksanaan pengobatan massal yang difokuskan di SP 7, dikarenakan beberapa waktu lalu SP 7 terkena musibah banjir. Dimana karena banjir tersebut, banyak rumah yang terendam dan ternak yang hanyut. Selain itu, dari musibah banjir tersebut sampai saat ini mungkin masyarakat yang ada di SP 7 ini masih ada yang sakit, baik itu flu, gatal-gatal dan lain sebagainya. Karena itu kegiatan pengobatan massal dilakukan di SP 7. “Pengobatan massal yang difokuskan di SP 7, mengingat beberapa waktu lalu, kampung ini dilanda banjir. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, bisa membantu masyarakat yang ada di Kampung Mulia Kencana (Sp7) dan sekitarnya,”ungkapnya.

Sementara untuk masalah medis, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Kesehatan. Dimana dengan adanya kerjasama ini, Dinas Kesehatan menurunkan dokter, perawat yang bertugas di daerah ini. Sedangkan untuk obat-obatnya, pihaknya juga mendapatkan bantuan dari Pemda Mimika ditambah dengan obat-obat yang diadakan sendiri. “Untuk tenaga medis dan obat-obatan, kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. Yang menyediakan, tenaga dokter, dan perawat untuk membantu dalam kegiatan pengobatan massal ini. Sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar,” kata Kasdim. Untuk penyakit yang ditangani sifatnya ringan. Namun kalau ada yang memerlukan rujukan, maka dokter yang akan memberikan rujukan ke rumah sakit dan yang lainnya. Dan pelaksanaan ini dilakukan satu hari, sehingga pelaksanaan kegiatan ini dioptimalkan sebaik mungkin. Sehingga masyarakat bisa terbantu dalam penanganan pengobatan,kata Kasdim.

Kepala Distrik Iwaka Semuel Yogi yang ikut menghadiri kegiatan pengobatan massal mengatakan, pihaknya merasa berterimakasih kepada Kodim 1710 Mimika, yang telah melaksanakan kegiatan pengobatan massal di SP 7. Dimana kegiatan ini, sangat membantu sekali masyarakat di Distrik Iwaka, khususnya SP 7. Dengan keadaan demikian, pihaknya berharap masih ada pihak-pihak yang lain bisa memperhatikan keadaan di Distrik Iwaka, baik itu masalah pembangunan, kesehatan ataupun ekonomi. “Kami sangat berterimakasih kepada Kodim 1710 Mimika, yang telah membantu dan melaksanakan kegiatan di Distrik Iwaka. Namun, kami juga berharap adanya pihak-pihak yang lain untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang ada di Distrik Iwaka yang baru terbentuk beberapa waktu lalu,”ujarnya.(Mujiono)


Kepala Distrik Iwaka, Semuel Yogi, SH, MH

Share this article :

Posting Komentar