Home » , , » Kadistrik Iwaka Kunjungi Proyek Air Bersih

Kadistrik Iwaka Kunjungi Proyek Air Bersih

Written By Unknown on Minggu, 30 Juni 2013 | 03.30


Kadistrik Iwaka Kunjungi Proyek Air bersih di kampung Iwaka Distrik Iwaka, Selasa 28-5. Foto: SAPA/Thomas Lamatapo 


SAPA (TIMIKA) - Kepala Distrik Iwaka, Semuel Yogi, SH, MH melakukan kunjungan ke lokasi proyek pengeboran air bersih yang dilakukan Satuan Kerja (Satker) wilayah Papua Kementrian Pekerjaan Umum di Kampung Iwaka Distrik Iwaka, Selasa (28/5). Kunjungan ini dilakukan Yogi untuk melihat  proses pengeboran air bersih dan memberikan dukungan atas keberlanjutan proyek tersebut.

“Atas nama Pemerintah Distrik Iwaka  saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Papua melalui Satker Wilayah Papua yang telah melakukan pengeboran air bersih di Iwaka. Saya juga memberikan apresiasi kepada PT Timika Indah yang sudah bekerja maksimal untuk melakukan pengeboran air bersih sehingga nantinya masyarakat akan menikmati air,” ungkapnya.

Menurut Yogi, masalah air bersih merupakan masalah utama masyarakat Iwaka. Air disini tidak sehat namun masyarakat menggunakan air tersebut untuk konsumsi setiap hari. Selama ini masyarakat Iwaka terus mendesak pemerintah untuk membangun instalasi air namun baru kali dipenuhi oleh Pemerintah Provinsi melalui Satker. Karena itu Pemerintah Distrik Iwaka akan terus mengawasi keberlangsungan proyek ini. Dan para pengawas juga harus mengawasi anak buahnya agar bekerja secara maksimal agar masyarakat segera menikmati air bersih.

“Saya bersama masyarakat Iwaka siap mendukung PT Timika Indah atas terselenggaranya proyek ini.  Iwaka tidak sama seperti di kampung lainnya yang pemerintahnya  kurang memperhatikan. Kadistrik Iwaka akan selalu bekerjasama dengan PT Timika Indah dan masyarakat untuk menjalankan kegiatan ini sampai selesai seratus persen,” ujarnya.

Yogi berharap kedepannya UPTD air bersih dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mimika, segera mengerjakan proyek pengeboran air bersih ini di distrik lain. Semua kampung bisa mengambil contoh dari pengeboran sumur di kampung Iwaka.

“saya juga mengusulkan kepada pihak satker agar pada anggaran 2014 PT Timika Indah bisa mengerjakan kembali pengeboran air bersih di Kampung SP IX dan Kampung Pigapu. Dua daerah ini merupakan rawah dan masyarakat sulit memperoleh air bersih. Sehingga dengan pembangunan ini maka kebutuhan masyarakat akan air bersih dapat terwujud,” tegasnya.

Pelaksana Kegiatan lapangan PT Timika Indah, Andi Takare mengatakan proyek tersebut dikerjakan Satker Jayapura. Target pengeborannya sampai pada kedalaman 110 dan airnya  akan diambil pada kedalaman 78 hingga 93 meter. Sekarang pihaknya sedang dimasukan pipa untuk pemasangan konstruksi dan pengeboran lanjutan.

“Kami juga menemukan air pada kedalaman 26-40 meter. Namun kualitas airnya masih diragukan sehingga terus dilakukan pengeborang sampai kedalaman lebih dari 100 meter,” ungkapnya.

Lebih jauh Andi mengatakan  pekerjaan tersebut baru dilakukan sekitar dua minggu dan ditargertkan akan rampung dalam jangka waktu empat bulan ke depan. Nantinya  air bersih ini ini hanya akan melayani kampung Iwaka saja. PT Timika Indah hanya bertanggung jawab untuk pengeboran dan pemasangan kran air. Sedangkan untuk pemasangan ke rumah masyakat bukan menjadi tanggung jawab PT Timika Indah.

(Thomas Lamatapo)

Sumber Klik :www.salampapua.com

Share this article :

Posting Komentar