Home » , , , , , , » MASALAH TANAH TANGGUN JAWAB KITA BERSAMA

MASALAH TANAH TANGGUN JAWAB KITA BERSAMA

Written By Unknown on Kamis, 01 Agustus 2013 | 02.46

 

Kepala Distik Iwaka, Semuel Yogi, SH.MH

Mimika, DiSTRIK IWAKA--pemerintah , distrik Iwaka resmi berdiri. Namun, sebagaimana wilayah pemekaran pada umumnya, berbagai masalah melilit pemerintah distrik Iwaka.
"Banyak persoalan yang dihadapi di kecamatan Iwaka, diantaranya masalah tanah dan hak ulayat. Masalah ini sudah ada sejak Iwaka masih di kecamatan induk, Kuala Kencana," kata SEMUEL YOGI SH MH  kepala distrik iwaka  menjelaskan kepada kampungiwka.blogspot.com (20 /07/2013) di distrik Iwaka, Mimika, Papua.

Pontius mengatakan, persoalan yang utama hadapi distrik Iwaka  adalah masalah tanah dan hak ulayat tanah. Kata dia, masalah ini muncul karena kebanyakan warga Trans tidak tetap di tanah mereka. Kemudian, karena tidak digunakan, beberapa tanah diambil, dan terjadi saling klaim. Inilah yang menurut Pontius, jadi sumber konflik di distrik Iwaka.
Ia berharap, semoga saja, para pemilik tanah Trans datang, tetap di tempat tinggal mereka. Atau setidaknya, memberi tanda yang dapat dimengerti, agar tanah itu dapat dimengerti orang lain sebagai tanah  yang berkepemilikan. Ini untuk meminimalkan konflik. Sementara itu, kepala distrik ini setuju, bahwa memang tanah Ikawa adalah milik orang Papua di iwaka.

"Kami berharap, ada komunikasi efektif antar warga Trans yang adalah orang luar Papua (pendatang) dan masyarakat asli Papua,"tambahnya. (Alexander Gobai/Suara Iwaka)


Share this article :

Posting Komentar